Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Tegal

INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT
BPPP TEGAL
SEMESTER II TAHUN 2020

Laporan Kinerja Tahun 2020

Lihat laporan

Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Tegal sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan diberikan kewenangan untuk melaksanakan tugas-tugas umum pemerintahan di Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER. 27/PERMEN-KP/2017tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan.Penetapan Kinerja pada Tahun 2020 selaras dengan kebijakan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, sehingga BPPP Tegal selaku UPT yang berada di bawahnya turut berkontribusi terhadap pencapaian Indikator Kinerja Utama Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan.

BPPP Tegal memiliki tanggung jawab untuk mendukung 4 Sasaran Strategis dan 17 Indikator Kinerja Utama. Pengukuran capaian kinerja BPPP Tegal dilakukan dengan cara membandingkan antara target (rencana) dengan realisasi indikator kinerja utama (key performance indicator, disingkat KPI) pada masing-masing perspektif. Pencatatan dan pengukuran kinerja dilakukan dengan bantuan perangkat lunak berbasis balanced scorecard dari Kementerian Kelautan Perikanan, yaitu pada http://kinerjaku.kkp.go.id.

Dari hasil pengukuran kinerja Tahun 2020 capaian Nilai Capaian Kinerja IKU yaitu105,69%. Realisasi anggaran sampai dengan 30 Desember 2020 terrealisasi sebesar Rp 77.677.802.116,- atau 96,38% dari pagu 2020 sebesar Rp 80.596.734.000,- yang berasal dari capaian kinerja dari masing-masing sasaran strategis sebagai berikut :

a. Terlaksananya pendampingan kelompok pelaku usaha/utama dalam mendukung

terwujudnya kesejahteraan masyarakat KP

b. Pelatihan dan penyuluhan mendukung hasil riset dan inovasi yang dimanfaatkan

c. Kapasitas dan kompetensi SDM KP yang meningkat

d. Tatakelola pemerintahan yang baik

Laporan Kinerja ini diharapkan dapat memberikan informasi secara transparan dan akuntabel bagi seluruh stakeholders Balai. Laporan ini juga menjadi bahan evaluasi untuk peningkatan pengelolaan kinerja Balai. Akhirnya BPPP Tegal berharap dapat terus meningkatkan kontribusi untuk mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat KP.